readbud - get paid to read and rate articles

Recent post

Tuesday, November 02, 2010

Sekilas Tentang J2ME - Java 2 Micro Edition

Keunggulan Java

1. Java merupakan bahasa pemrograman yang aman. Hal ini disebabkan karena kode Java harus selalu dieksekusi dengan Java Virtual Machine (JVM), yang menyediakan lingkungan yang aman untuk eksekusi kode yang telah di-download. Sebuah aplikasi biner dapat mengacaukan sebuah peralatan (misalnya tampilan blue screen pada handphone Anda), namun aplikasi Java dalam hal yang paling buruk hanya dapat mengacaukan Virtual Machine-nya saja.

2. Bahasa pemrograman Java adalah bahasa yang kokoh. Penggunaan garbage collector akan mengurangi waktu yang diperlukan oleh programmer untuk menemukan kebocoran dalam penggunaan memori. Demikian pula penggunaan mekanisme exeption pada Java mampu meningkatkan kemampuan programmer dalam membuat aplikasi yang kokoh.

3. Portabilitas Java sangat berguna dalam aplikasi-aplikasi wireless. Pertama, dengan menulis sebuah program saja, aplikasi tersebut dapat dijalankan diberbagai peralatan. Alasan kedua adalah karena aplikasi-aplikasi tersebut dapat dikirimkan ke sebuah peralatan melalui jaringan wireless (proses ini sering dinamakan Over-the-air, atau OTA provisioning).

Platform dan Karakteristik Java
       Terdapat tiga edisi dari platform Java teknologi terbaru, yaitu Java[tm] 2. Ketiga edisi tersebut adalah J2SE (Java 2 Standard Edition) yang ditujukan untuk system dekstop, J2EE (Java 2 Enterprise Edition) digunakan untuk aplikasi-aplikasi back end server, J2ME (Java 2 Micro Edition) merupakan kumpulan API (Application Programming Interface) yang memfokuskan diri pada konsumen atau embedded system, mulai dari TV set-top boxes, system telematika, residential gateway, hingga hanphone dan PDA. Mengingat target dari masing-masing edisi, tentu saja masing-masing memiliki implementasi Java Virtual Machine (JVM) yang berbeda-beda untuk masing-masing edisi agar diperoleh hasil untuk masing-masing type.

Apa itu J2ME???
       Java 2 Micro Edition (J2ME) merupakan subset dari J2SE yang ditujukan untuk implementasi pada peralatan embedded system dan handheld yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi menggunakan J2SE. Embedded system adalah produk-produk dengan komputer kecil berada di dalamnya, namun aplikasi yang bisa dimanfaatkan dari peralatan tersebut sangatlah spesifik. Hal ini tentu saja berbeda dengan komputer PC yang kita kenal sehari-hari, yang mampu digunakan untuk berbagai aplikasi. Contoh embedded system yang ada misalnya adalah aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan mikroprosesor seperti televise, system keamanan gedung dan sebagainya.
J2ME sangat berguna untuk membangun sebuah aplikasi pada peralatan dengan jumlah memori dan kapasitas penyimpanan yang terbatas, serta kemampuan user interface yang terbatas seperti pada perangkat komunikasi bergerak berupa handphone, PDA dan sebagainya.
      Seperti aplikasi Java umumnya yang menggunakan JVM, dalam J2ME digunakan pula virtual machine yang disebut K Virtual Machine – adalah virtual machine yang sangat kecil dalam kebutuhan memorinya. Huruf K dalam K Virtual Machine adalah singkatan dari Kilobyte, untuk menggambarkan betapa virtual machine ini bekerja dalam total memori yang sedemikian kecil mulai dari 128 kilobyte hingga maksimal rata-rata sekitar 512 kilobyte.

Saat ini terdapat dua jenis aplikasi dari J2ME, yaitu :
1. Walled garden application, yaitu aplikasi yang berdiri sendiri atau stand-alone yang berjalan pada handphone tanpa perlu mengakses sumber data eksternal melalui jaringan pembawa atau carrier network. Contoh dari aplikasi ini adalah kalkulator atau single player games.
2. Network aware application, atau aplikasi yang berinteraksi dengan jaringan. Tidak seperti aplikasi yang pertama, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengakses sumber data eksternal. Contoh dari aplikasi jenis ini adalah aplikasi email yang berada di dalam handphone, aplikasi untuk mendapatkan kembali data alamat-alamat yang tersimpan melalui jaringan, dan pengiriman email berbagai alamat melalui jaringan data.

      J2ME dibagi dalam configuration dan profile. Configuration adalah spesifikasi yang secara detail menjelaskan tentang sebuah virtual machine dan kumpulan API-API dasar yang dapat digunakan dalam class-class tertentu dari sebuah peralatan. Sebagai contoh, sebuah configuration munkin saja didesain untuk peralatan yang memiliki memori kurang dari 512 Kb dan memiliki jaringan yang terputus-putus. Virtual machine yang digunakan dapat berupa Java Virtual Machine lengkap (seperti yang digambarkan dalam spesifikasi) atau subset dari JVM lengkap tersebut. Sedangkan API-nya umumnya adalah subset dari API J2SE.
      Sebuah profile dibangun dalam sebuah configuration namun menambahkan beberapa API khusus agar dihasilkan lingkungan yang lengkap untuk membangun aplikasi. Sedangkan sebuah configuration mendiskripsikan sebuah JVM dan sekumpulan API dasar, dan hal ini tidak cukup untuk membangun aplikasi yang lengkap. Profile-profile biasanya termasuk API-API untuk aplikasi life cycle, user interface, dan penyimpanan secara continue.
      Sebuah spesifikasi dimulai dengan sebuah Java Specification Request (JSR). Sebuah grup yang terdiri atas para ahli sebagai perwakilan sebagai perwakilan dari beberapa prusahaan yang tertarik dalam bidang tersebut untuk menghasilkan spesifikasi ini. JSR setelah melalui tingkat dalam JCP (Java Community Process), akhirnya dikeluarkan dalam bentuk spesifikasi dan setiap JSR diberi kode nomor tertentu.
      Terdapat dua cabang J2ME yang masing-masing berbasis pada Connected Limited Device Configuration (CLDC) dan Connected Device Configuration (CDC). CLDC adalah konfigurasi untuk peralatan wireless untuk kapasitas memori yang kecil dengan koneksi jaringan yang tidak tetap/terputus-putus se[erti pager, handphone, dan Personal Digital Assistants (PDA). Salah satu spesifikasi profile yang telah selesai dibuat berbasis pada CLCD ini adalah Mobile Information Device Profile (MIDP). Jadi K virtual machine adalah implementasi dari Java virtual machine yang digunakan pada J2ME CLDC. Profile MIDP menyediakan sebuah platform standar untuk peralatan informasi bergerak yang kecil dengan resource terbatas, ataupun peralatan informasi bergerak yang terhubung secara wireless dengan karakteristik sebagai berikut :
-> Jumlah memori total yang digunakan adalah 512 K (ROM + RAM) untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan pustaka.
-> Memiliki daya terbatas, dan biasanya dioperasikan menggunakan batteray.
-> Konektivitas ke beberapa type jaringan wireless menggunakan bandwidth yang terbatas.
-> User interface yang digunakan memiliki tingkat kepuasan yang bervariasi.
Disamping itu terdapat pula spesifikasi lainnya, yaitu J2ME Personal Digital Assistants (PDA). Profile yang menggunakan API user interface dan penyimpanan data untuk peralatan hand-held yang memiliki kapasitas memori yang kecil, dengan resource terbatas, seperti PDA dan Palm Pilots dengan karakteristik sebagai berikut :
-> Memori total tidak kurang dari 512 K (ROM + RAM) untuk menjalankan aplikasi Java dan pustaka, serta kapasitas penyimpanan data tidak lebih dari 16 MB.
-> Memiliki daya terbatas, dan biasanya dioperasikan menggunakan batteray.
-> User interface yang digunakan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda, akan tetapi memiliki display dengan total resolusi paling sedikit 20.000 pixel, sebuah pointing device, dan peralatan untuk memasukan data karakter.
Configuration lainnya, yaitu CDC, digunakan untuk peralatan dengan kapasitas memori yang lebih besar dengan koneksi jaringan yang lebih kokoh misalnya dengan set-top boxes dan peralatan Internet. Configuration ini diperuntukan untuk peralatan wireless dengan resource memori yang lebih besar, minimal beberapa Megabyte dengan kemampuan untuk melakukan koneksi ke Internet atau peralatan lain, seperti set-top boxes, Internet television, Internet-enabled screen phones, high-end communicators, dan automobile entertainment /navigation systems yang memiliki karakteristik sebagai berikut :
- 512 K minimum ROM
- 256 K minimum RAM
- Konektivitas ke beberapa type jaringan
- Dukungan untuk implementasi lengkap dari Java virtual machine, seperti di definisikan dala spesifikasi Java Virtual Machine Specification edisi kedua.
- User interface dengan berbagai tingkat kepuasan termasuk diantaranya tanpa user interface sama sekali.

3 comments:

  1. salam kenal ya,
    saya ada pertanyaan nie.
    ada yang bilang java itu lebih lambat dari bahasa terstruktur, apa iya?
    lalu bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  2. salam kenal.. sebelumnya maaf gan,, ane jg lum bgtu paham tantang java.. mohon maaf yg sbesar2nya karena blog ini untuk share semata.. terima kasih agan sudah berkunjung di blog saya :)

    ReplyDelete
  3. kita juga punya nih artikel mengenai 'TOPIK KALIAN',

    silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4242/1/DOKUMEN%20PRESENTASI.pdf
    terimakasih

    ReplyDelete