readbud - get paid to read and rate articles

Recent post

Tuesday, November 02, 2010

Sejarah Perkembangan Komputer

     Hello friends, tau ga kalo komputer juga ada sejarahnya?ga cuman kemerdekaan Indonesia aj yg ada sejarahnya, tapi komputer jg ada sejarahnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini. Cekidot! Monggo...

Masa Pra Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada masa teknologi informasi yang dikembangkan manusia berfungsi sebagai system untuk mengenal bentuk-bentuk yang ada di sekitar. Mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan dari dinding-dinding goa, tentang cara berburu dan barang buruannya. Pada masa itu mereka melakukan pengidenfikasian benda-benda yang ada di lingkungan sekitar mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk yang mereka lukis pada dinding goa tempat mereka tinggal. Hal itu mereka lakukan karena kemampuan mereka dalam berbahasa memang masih terbatas pada suara dengus dan isyarat tangan, yang merupakan bentuk awal komunikasi pada masa itu.
Perkembangan selanjutnya adalah dengan diciptakannya dan digunakannya alat-alatyang dapat menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai pemberi peringatan adanya bahaya, dan lain-lain. Kehidupan suku-suku terasing di pedalaman benua Amerika, Afrika, Asia hingga Australia memperlihatkan bukti-bukti prasejarah ini. Bahkan masa sejarah-pun kita masih mendengar bahwa suku-suku terasing tersebut masih melakukan kebiasaan nenek moyang mereka.

Masa Sejarah (3000 s/d 1400-an M)
Pada masa ini teknologi informasi belum menjadi teknologi missal seperti yang kita kenal sekarang. Waktu itu teknologi informasi hanya digunakan oleh kalangan terbatas, pada saat-saat khusus, dan mahal.

3000 SM
Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktograf sebagai huruf. Simbol dan huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan) sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.

2900 SM
Penggunaan huruf hieroglif pada bangsa Mesir Kuno. Hieroglif merupakan symbol di mana setiap ungkapan diwakili oleh symbol yang berbeda, yang ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan tulisan bangsa Sumeria.

500 SM
Serat papirus digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papirus yang tumbuh di sekitar sungai Nil ini menjadi media untuk menulis/media informasi yang lebih kuat dan fleksibel disbanding dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.

105 M
Bangsa Cina menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini terbuat dari serat bamboo yang dihaluskan, disaring, dicuci, dan kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan system pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan balok kayu yang ditoreh dan dilumuri dengan tinta atau yang kita kenal sekarang dengan system cap.

Masa Modern (1400-an Masehi s/d Sekarang)

Tahun 1455
Mesin cetak yang menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk pertama kalinya oleh Johanes Gutenberg.

Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama kali di dunia dengan bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical. Mesin ini didesain untuk mampu memasukan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk computer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital (94 tahun sebelum computer digital pertama ENIAC I dibentuk).

Tahun 1837
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Pesan dikirim secara elektronik antara dua tampat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dilakukan pada saat yang hamper bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan teknologi informasi dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layer pertama kali digunakan(cikal bakal film sekarang).

Tahun 1876
Melvyl Dewey mengembangkan system penulisan decimal.

Tahun 1877
a. Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum.
b. Fotgrafi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.

Tahun 1899
System penyimpanan dalam pita magnetis yang pertama.

Tahun 1923
Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.

Tahun 1940
Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia II yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.

Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan system pengkodean menggunakan hiperteks.

Tahun 1948
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.

Tahun 1957
a. Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor yang dimasukan ke dalam sebuah keping kecil kristal silicon.
b. USSR (Rusia pada saat itu) meluncerkan Sputnik sebagai satelit bumi pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika. Badan ini bertugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.

Tahun 1962
Rand Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan system jaringan terdesentralisasi yang mampu mengendalikan system pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.

Tahun 1969
System jaringan pertama dibentuk dengan menghubungkan empat node (titik) antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah dengan kecepatan 50 Kbps.

Tahun 1972
Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama.

Tahun 1973-1990
Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP yang kemudian diikuti dengan pengembangan sebuah protocol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP oleh grup dari DARPA.

Tahun 1991-1995
System bisnis dalam bidang IT pertama kali trjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya.

Tahun 1992
Pembentukan komunitas internet. CERN memperkenalkan istilah World Wide Web. Komputer telah terkoneksi dalam jaringan internet sudah lebih dari 1.000.000. Penyebaran informasi mulai melibatkan warga sipil.

Tahun 1993
NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet yang menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T).

Tahun 1994
Pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian tak terpisahkan dari manusia. Perusahaan-Perusahaan besar mulai memanfaatkan media web sebagai iklan produk dan jasa mereka. Perusahaan online mulai tumbuh, misalnya Yahoo!

Tahun 1995
Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini menandai dimulainya pengembangan teknologi informasi, khususnya internet. Dan berbagai penelitian dilakukan untuk mengembangkan system dan alat yang lebih canggih. Microsoft meluncurkan Windows 95, mainstream pertama untuk system operasi 32-bit. Pengguna PC diberi kemudahan untuk bekerja dengan komputernya di rumah atau di kantor dan dengan mudah pula terhubung dengan jaringan komputer kantor atau jaringan komputer global (internet) di dunia.

Tahun 1996-2009
Penemuan dan pengembangan perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) sangat luar biasa. Pertumbuhan ini mempengaruhi penjualan komputer PC maupun server. Perusahaan besar pembuat prosesor (Intel, AMD, Cyrix, Transmeta) berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk yang lebih baik dari produk sebelumnya hampir setiap tahun. Hal yang sama dilakukan perusahaan besar pembuat perangkat lunak seperti Microsoft, Apple, Norton, McAffee, dll. Perusahaan besar maupun kecil mulai berlomba memanfaatkan web (internet) sebagai media promosi. Produk software free license (open sources) mulai tumbuh dan berkembang menjadi pesaing produk legal dan berlisensi dan sebagian besar warga dunia telah memasuki era informasi.

Gmn pren?dah tau kan sejarah perkembangan komputer sampai saat ini? Semoga bermanfaat. makasih :)

No comments:

Post a Comment