readbud - get paid to read and rate articles

Recent post

Tuesday, November 02, 2010

Sekilas Tentang Smart Card

      Secara sederhana, smart card dapat dianalogikan sebagai "credit card" yang memiliki "kecerdasan" didalamnya dalam bentuk chip komputer. Chip kecil tersebut dapat diprogram untuk menangani fungsi-fungsi tertentu maupun untuk menyimpan informasi. Secara umum, terdapat tiga model smart card yang dikembangkan di industri yang di dunia saat ini, yaitu :

1. PC/SC : 
Dikembangkan oleh Microsoft dan beberapa perusahaan lainnya. PC/SC adalah antarmuka aplikasi smart card untuk komunikasi dengan smart card dari PC berbasis Win32.

2. OpenCard Framework : 
Adalah sebuah standar terbuka yang menyediakan operasi antar aplikasi smart card lewat NC, POS, desktop, laptop, set top box, dan sebagainya. OpenCard biasanya harus digunakan dalam komunikasi dengan perangkat eksternal dan/atau menggunakan library yang ada di client. Selain itu, OpenCard juga menyediakan antarmuka ke PC/SC agar dapat digunakan untuk perangkat yang berbasis Win32.

3. JavaCard :
Diperkenalkan pertama kali oleh Schlumberger dan digunakan sebagai standar Card bagi Software Java saat ini. Schlumberger juga hanya menggunakan Java card sebagai satu-satunya card yang dipasarkannya saat ini, sekaligus sebagai perusahaan pertama yang memiliki lisensi JavaCard. JavaCard terdiri atas beberapa kelas-kelas standar dan API yang memungkinkan sebuah Applet Java dijalankan secara langsung pada card berstandar ISO 7816. JavaCard mendukung eksekusi yang aman dan tidak bergantung pada chip untuk berbagai aplikasi yang berbeda.

No comments:

Post a Comment